Tips Memilih Jasa Pengiriman Mobil Antar Kota Se Indonesia Raya

 

Dalam memakai jasa ekspedisi mobil antar kota dan pulau sangat dibutuhkan pemahaman tips aman terbaik sebelum kirim mobil supaya mobil hingga dengan selamat hingga sampai tujuan, sebab akan ada bisa jadi resiko terjadinya kehancuran dan kehilangan tanpa sepengetahuan anda pada saat ekspedisi mobil.

Ada tidak sedikit sekali jasa pengiriman kirim mobil dari ekspedisi surabaya makassar dan wilayah lainnya. Akan tetapi, tidak sedikit dari mereka yang mempunyai jasa yang professional, sampai-sampai kita seluruh sebagai pemakai jasa (kustomer) usahakan mesti paham sekian banyak  tips yang butuh diterapkan sebelum memilih jasa angkut mobil.

Meskipun pada masing-masing pengiriman kirim mobil telah mempunyai prosedur dan persyaratan, tidak terdapat salahnya guna menerapkan sejumlah tips kirim mobil berikut:

Tetapkan Jadwal

Kebanyakan dari mereka, hendak mengirim mobil ke dusun halaman atau ke kota lokasi bekerja sebagai kendaraan pribadi. Anda barangkali sebagai di antara yang hendak mengirim mobil ke dusun halaman, usahakan simaklah jadwal pengirimannya.

Saat hari cuti dan hari raya besar, maka perkiraan waktu ekspedisi mobil bakal terhambat disebabkan lalu lintas sedang padat serta tidak sedikit orang lain pun yang bakal mengirim mobil.

Perhatikan Jenis Layanan Pengiriman

Berbagai perusahaan logistik ekspedisi mobil mempunyai jenis layanan yang berbeda-beda, ini dinamakan dengan Door To Door (DTD), Door To Port (DTP), Port To Door (PTD), dan Port To Port (PTP).

DTD: Pengambilan muatan (mobil) yang dijemput langsung dari lokasi tinggal atau dealer lokasi Anda melakukan pembelian mobil. Pada jenis ini kita tidak butuh khawatir sebab mobil bakal dikirim sampai lokasi tujuan.

DTP: Pengiriman mobil yang dijemput dari lokasi tinggal atau dealer. Namun, pengirimannya melulu sampai terminal atau pelabuhan terdekat dari kota Anda. Pada jenis ini, usahakan kita luangkan masa-masa Anda sejenak untuk memungut mobil kiriman menurut jadwal yang telah ditentukan.

PTD: Pada jenis ini, Anda diharuskan untuk mengirimkan mobil hingga terminal atau pelabuhan terdekat dari kota Anda. Kemudian dari terminal itulah pengiriman kirim mobil akan mengantarkan mobil hingga alamat destinasi yang telah ditentukan oleh Anda.

PTP: Pada layanan berikut Anda mesti menghitung perkiraan waktu Anda mengirimkan mobil hingga terminal atau pelabuhan dan menghitung perkiraan waktu ekspedisi mobil hingga pelabuhan terdekat, supaya Anda dapat memungut mobilnya di pelabuhan tepat masa-masa tanpa terdapat delay.

Lepas Aksesoris Tambahan

Amankan seluruh aksesoris ekstra mobil Anda, laksana spoiler, lampu kabut, Sporty Roof, Bemper tambahan, Postep dan yang lainnya.

Lipat Spion

Pastikan terlebih dahulu spion yang menempel di mobil Anda telah terlipat supaya tidak patah sebab terkena benda keras lainnya.

Periksa Seluruh Barang di Dalam Mobil

Sebelum mobil kita dikirim, pastikan tidak terdapat barang yang terbelakang di dalam mobil, khususnya barang riskan dan barang yang gampang terbakar.

Atur Isi Bahan Bakar

Cukup isi bahan bakar Anda sejumlah seperempat dari isi full tank. Tujuannya ialah untuk menghindari terjadinya kebakaran atau kejadian lainnya. Sisa bahan bakar dapat dipakai untuk berkendara sampai lokasi tujuan andai menggunakan jasa layanan DTP atau PTP.

Cuci Mobil

Membersihkan mobil atau membasuh sebelum mengerjakan pengiriman mobil ialah salah satu cara supaya seluruh unsur tubuh mobil tampak dengan jelas, sampai-sampai Anda bisa meyakinkan bahwa body mobil tidak terdapat lecet serta proses arsip untuk diri Anda individu lebih lengkap.

Catat Hal Penting

Setelah Anda membasuh mobil, catat semua bagian mobil dan dokumentasikan dalam format tulis tangan dan foto.

Proses ini dapat menolong Anda bilamana mengajukan klaim sebab terjadi kehancuran saat kirim mobil.

Periksa Mesin

Setelah kita mendokumentasikan semua body mobil, tahapan selanjutnya ialah melakukan pengecekan terhadap mesin mobil.

Matikan Alarm

Mungkin untuk Anda dengan mengobarkan alarm, maka mobil bakal terhindar dari pencurian. Tapi, bertolak belakang dengan situasi saat kita mengirim mobil. Pemilik jasa pengiriman sewaktu-waktu memerlukan akses masuk ke dalam mobil kita untuk mengalihkan ke kargo (misal, container, kapal roro, dan tronton).

Sebaiknya matikan terlebih dahulu alarm-nya, supaya proses ekspedisi tidak terhambat sebab alarm yang berbunyi dari mobil Anda.

Perlu diketahui bahwa meskipun kita sudah menyerahkan kunci alarm untuk ekspedisi, tidak seluruh SDM-nya mengerti teknik mengatur alarm karena konsentrasi mereka melulu mengirim mobil selamat sampai destinasi tanpa ada kehancuran dan kendala.

Turunkan Antena

Bagi kita yang mobilnya ber-antena, turunkan terlebih dahulu supaya tidak patah.

Gunakan Pengaman Tambahan

Jika Anda membutuhkan pengaman ekstra untuk meyakinkan mobil tidak rusak, silahkan lapisi memakai gabus guna bagian-bagian kecil dan pakai body cover / mantel mobil. Kemudian dapatkan persetujuan dari pengiriman jasa ekspedisi mobil yang kita pilih guna meyakinkan cover body mobil itu tidak memberi batas jarak pandang supir untuk menyaksikan ke belakang.

Pilih Armada

Pilihlah armada yang tepat guna Anda, tronton, container, kapal roro atau yang lainnya dalam format bak atau box.

Penggunaan box bakal lebih aman namun memerlukan ongkos yang mahal. Jika pemakaian car carrier (bak terbuka), menanam mobil di bagian sangat atas ialah salah satu solusi supaya mobil terhindar dari gesekan dengan armada meskipun biayanya lebih mahal.

Serahkan Dokumen Mobil dan Simpan Salinannya

Penyerahan STNK mobil saat mengerjakan pengiriman ialah kewajiban calon kustomer guna meyakinkan mobil yang bakal dikirim bukanlah hasil curian. Oleh karena itu, pastikan Anda telah mempunyai salinan dalam format fotocopy maupun foto.

Gunakan Asuransi

Asuransi ialah salah satu fitur yang paling digemari oleh tidak sedikit kustomer ekspedisi mobil. Ini bisa dijadikan di antara pilihan untuk Anda supaya saat mobil terjadi kehancuran ketika telah sampai lokasi tujuan, kita dapat mengemukakan klaim atas kehancuran tersebut.

Cek Dokumen Persetujuan

Setelah seluruh tahapan pengajuan ekspedisi mobil sudah dilakukan, maka Anda bakal mendapatkan dokumen persetujuan yang membutuhkan tanda-tangan.

Periksalah semua isi dokumen baris per baris, apakah isinya sama dengan situasi mobil Anda ketika ini?.

Jika terdapat yang tidak jelas, tidak boleh ragu guna menanyakan untuk pihak pengiriman pengiriman mobil.

Cocokkan Data

Setelah mobil hingga tujuan, perintahlah orang yang menerima mobil itu untuk mengecek secara detail, baik situasi body maupun mesin mobil. Bila terjadi perbedaan dari situasi sebelum dikirim dengan situasi setelah dikirim, mintalah guna mengkonfirmasi untuk Anda kemudian ajukan klaim kerusakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *