Perlengkapan Nada Melodis

  • Share

1. Piano

Piano ialah perlengkapan nada yang mempunyai banyak guna, semacam buat menghasilkan lagu, mendampingi suatu lagu, serta dapat dimainkan buat mendampingi bermacam jenis nada. Piano dapat dimainkan dengan metode ditekan oleh jari- jari tangan. Piano dipecah jadi 3 berbagai, ialah baby grand piano, grand piano, serta upright piano.

2. Gitar

lirik dan kunci gitar ~ Gitar ialah perlengkapan nada melodis modern yang sangat terkenal. Perlengkapan nada itu banyak dipakai dikala mengantarkan suatu lagu. Gitar terdiri dari 3 bagian, ialah tubuh gitar, stang gitar, serta senar, yang dapat dimainkan dengan metode dipetik. Gitar dibagi jadi 2 tipe, ialah gitar akustik serta gitar listrik.

3. Biola

Biola merupakan perlengkapan nada melodis yang dimainkan dengan metode digesek. Perlengkapan nada ini umumnya dipakai buat mendampingi lagu- lagu pop ataupun akustik. Walaupun biola sama dengan wanita, namun pria pula dapat memainkan biola. Biola didesain dengan mempunyai 4 senar yang memiliki istirahat sempurna. Biola terdiri dari sebagian bagian, ialah tubuh biola, leher biola, jembatan biola, senar, serta kediaman jemari.

4. Akordion

Akordion ialah perlengkapan nada yang nyaris mendekati piano, tetapi dimainkan dengan metode menggantungkan perlengkapan nada di tubuh pemeran. Kemudian tangan kiri pemeran memencet tombol akord serta tangan kanan memainkan melodi. Perlengkapan nada ini dibagi jadi 4 tipe, ialah akordion diantonis, bercorak, concertinas, serta piano.

5. Seruling

Suling merupakan perlengkapan nada melodis konvensional, yang berawal dari wilayah Jawa Barat. Perlengkapan nada ini telah amat tidak sering dimainkan di masa modern semacam saat ini ini. Tetapi di sebagian sekolah, sedang terdapat pelajaran buat memainkan suling. Perlengkapan nada ini dibuat dari bambu ataupun kusen, serta didesain dengan 6 sampai 7 lubang bunyi pada bagian batangnya serta terdapat lubang pemanis pada bagian ujungnya.

6. Pianika

Perlengkapan nada melodis yang berikutnya merupakan pianika. Berlainan dengan sebagian perlengkapan nada di atas yang dimainkan dengan ditekan, digesek, ataupun dipetik, pianika dimainkan dengan metode ditiup. Tangga nadanya serupa dengan perlengkapan nada lazim ialah do re mi fa so la sang do serta ditiup dengan cara berdiri.

7. Harmonika

Harmonika merupakan perlengkapan nada melodis yang dimainkan dengan metode dihisap serta ditiup, hingga hendak menghasilkan suara yang empuk. Harmonika merupakan instrument nada hembus simpel yang terdiri dari pelat- pelat getaran dari metal yang disusun dengan cara mendatar dengan sediakan bunyi hembus kromatis.

8. Kecapi

Kecapi ialah perlengkapan nada yang dimainkan dengan metode dipetik pada bagian kabel ataupun senar yang terbentang di bagian atas kediaman kusen. Metode yang lazim dipakai dalam memetik perlengkapan nada kecapi ini pula amat mempengaruhi dengan suaraa ataupun bunyi yang hendak diperoleh oleh perlengkapan nada kecapi.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *