Panduan Cara Merakit PC Gaming Murah dan Berkualitas 2021

 

Rakit PC gaming dapat jadi penyelesaian buat anda yang pengen nyobain game-game next gen namun gak punya bujet untuk melakukan pembelian PS5 yang harganya selangit.

Seperti yang anda ketahui, game-game keluaran 2020 ke atas mempunyai grafis yang kualitasnya spektakuler banget. PS4 Pro aja gak kuat guna memainkan Cyberpunk 2077 yang grafisnya ultra-realistik.

Game teranyar perlu diimbangi dengan kualitas hardware yang setara pula. Maka dari itu, merakit PC gaming menjadi sebuah keperluan penting untuk semua gamers ketika ini.

Sayangnya, tidak sedikit yang belum terlalu tak asing mengenai bagaimana teknik merakit PC. Padahal PC gaming murah masih dapat mendukung kebutuhan game sampai sejumlah tahun ke depan.

Buat anda yang sedang hendak rakit PC murah, kali ini Jaka akan membagikan tips-tips yang perlu anda perhatikan untuk mengawali membuatnya.

1. Hitung Perkiraan Bujet Rakit PC Gaming yang Akan Dibuat
Cara Merakit Pc Gaming 02 8ac54
Sumber foto: Bujet dalam proses rakit PC gaming.

Cara merakit PC gaming sebetulnya dapat dibilang cukup tricky karena anda bukan hanya harus dapat memasang tiap komponennya dengan tepat, namun juga tidak sedikit perhitungan yang mesti dilakukan.

Hal kesatu yang mesti anda perhatikan dalam proses rakit komputer gaming ialah bujet yang anda punya. Hal ini adalahhal kesatu yang mesti banget anda perhitungkan.

Pembatasan bujet terbilang sangat urgen karena bila tidak dibatasi, Rp100 juta pun dapat habis guna PC Rakitan gaming.

Pembatasan bujet ini pun nantinya bersangkutan dengan komponen jenis apa saja yang dapat kamu pasang, dan pilihan yang lebih murahnya laksana apa.

Tentukan maksimum bujet yang akan anda habiskan guna proses rakit komputer gaming yang bakal dibuat, dan setelah tersebut sesuaikan komponen dengan bujet yang sudah dialokasikan.

2. Tentukan Target dari merakit PC Gaming
Rakit Pc Gaming 01 C5e98
Sumber foto: Menentukan target dalam proses rakit komputer gaming.

Hal beda yang mesti anda tentukan saat memulai merakit PC gaming ialah target dari PC yang bakal dibuat.

Maksud dari target ialah game laksana apa yang hendak kamu mainkan dengan PC yang dibuat, stabil di berapa FPS, dan kira-kira tidak bakal di-upgrade lagi sampai berapa tahun lamanya.

Dengan membalas pertanyaan-pertanyaan di atas anda akan menemukan bayang-bayang yang lebih jelas tentang seperti apa PC gaming anda nantinya.

Target ini dapat kamu contek dari system requirements game triple A teranyar di mana seringkali untuk memainkan game ini dalam recommended setting perlu spesifikasi mumpuni.

Spesifikasi laksana ini akan dapat kamu andalkan sekitar 3 hingga 5 tahun ke depan. Bagi rakit komputer gaming bujet juga sama, kamu dapat mencontek system requirements game yang hendak dimainkan.

Perihal ini sebetulnya masih sehubungan dengan poin tentang bujet di atas. Kalau anda cuma pengen main game Triple A dengan setelan grafik low-medium di <60 FPS, sih, PC gaming murah sampai Rp7 jutaan cukup, geng.

3. Pilih Komponen PC Rakit Gaming Murah dan Terbaik
Setelah menilai bujet dan target, tahapan berikutnya dalam teknik merakit PC gaming ialah memilih komponen yang sangat sesuai.

Menghitung kecocokan komponen ini pun sebetulnya agak tricky sebab kamu tidak saja mencari spesifikasi komponen saja, tetapi pun membandingkan harga brand A dengan brand lainnya.

Harga komponen serupa dengan brand yang bertolak belakang harganya pun bakal berbeda. Perbedaannya bahkan dapat mencapai 2 kali lipat.

Di sini kalian mesti jeli dalam melihat keunggulan dan kelemahan dari komponen-komponen dengan brand tertentu. Berikut ini sejumlah komponen urgen yang mesti jadi bahan pertimbangan bikin kamu.

1. Prosesor
Rakit Pc Gaming Murah 04 Afc0e
Sumber foto: Prosesor terbaik guna rakit PC gaming murah.

Komponen yang satu ini dapat dibilang sebagai komponen sangat penting di dalam suatu komputer. Untungnya, varian brand dari prosesor guna dipertimbangkan melulu 2 yakni Intel dan AMD.

Meskipun begitu, varian dari generasi prosesor komputer ini perlu anda pertimbangkan dengan baik. Jika memilih intel core yang mana dan generasi berapa demikian pula jika memilih AMD.

Kamu mesti dapat memperhitungkan dengan jeli menurut target dan bujet kamu, prosesor jenis apa yang sangat cocok. Kamu dapat melihat dari sytem requirements game tertentu sebagai pembanding.

Jangan lupa pun untuk menyaksikan score benchmark dari prosesor yang anda pilih, dan perkirakan seberapa lama anda akan dapat mengandalkan prosesor tersebut.

2. VGA Card

Jika prosesor telah dipilih maka komponen berikutnya yang mesti dianggarkan dengan serius saat merakit PC gaming ialah VGA Card.

Terdapat tidak sedikit varian VGA Card yang terdapat di pasaran baik model maupun mereknya. Oleh sebab itu, Jaka sarankan anda untuk rajin-rajin mencocokkan benchmark VGA yang anda incar.

Browsing di channel Youtube maupun situs terpercaya di internet untuk memahami dengan lebih jelas benchmark VGA dari sekian banyak merek yang tersedia.

3. Motherboard

Komponen urgen selanjutnya yang mesti anda pilih dengan serius dalam rangkaian teknik merakit PC gaming ialah Motherboard.

Motherboard atau yang lebih tidak jarang disingkat dengan MoBo ini juga lumayan sulit guna dipilih. Setelah menilai prosesor yang cocok pilih MoBo yang selaras dengan prosesor tersebut.

Misalnya saja, motherboard dengan socket LGA 1151 melulu kompatibel dengan prosesor Intel generasi ke-6 dan 7 (Kaby Lake & Skylake). Jangan hingga salah beli ya, geng.

4. RAM

Komponen urgen selanjutnya yang mesti diacuhkan dalam proses teknik merakit PC gaming murah ialah RAM.

Berapa besar RAM yang anda butuhkan, clockspeed yang cocok dengan motherboard, dan pun merek apa yang sangat bagus. Rangkaian pertanyaan ini mesti anda jawab dengan seksama.

Oh iya, pastikan pun memilih RAM yang clockspeed dan socket motherboard-nya sesuai. Jangan sampai anda membeli RAM DDR4 namun motherboard anda menggunakan socket RAM DDR3.

RAM memang gampang untuk di-upgrade, tetapi bila kamu sudah memperhitungkan dengan cermat RAM yang telah dibeli dapat dipertahankan sampai bertahun-tahun lamanya.

5. HDD dan SSD
Masuk ke memilih sistem penyimpanan terbaik saat merakit PC Rakitan gaming. Saat ini dengan kepopuleran SSD, variabel yang mesti anda perhitungkan menjadi lebih tidak sedikit lagi.

Kalau anda benar-benar pengin rakit PC gaming murah, maka HDD saja sudah lumayan karena akan mengurangi bujet yang anda perlukan dengan cukup banyak.

Di sisi lain, kamu dapat menggunakan kombinasi HDD + SSD guna mendapatkan performa maksimal. Misal 120GB SSD + 1TB HDD sudah paling baik untuk ketika ini, andai kamu terdapat alokasi bujet lebih.

Asal anda tahu saja, HDD 1TB mempunyai kisaran harga mulai dari Rp400 ribu. Sementara, SSD 120GB mempunyai kisaran harga Rp250 ribu. Perbandingan harganya lumayan jauh ya, geng.

Leave a Comment