Metode Yang Harus anda ketahui Sebelum Melakukan Pinjaman Online

Siapa di sini yang beranggapan untuk memakai jasa Pinjaman Online Cepat cair  (pinjol)? Situasi wabah pandemi COVID-19 dan kendala keuangan yang anda alami ketika ini mungkin menciptakan kata ‘pinjol’ terngiang-ngiang, dan hadir di mimpi. Bahkan mimpi yang sama mungkin dipunyai orang-orang yang sekitar ini mempunyai prinsip hidup ‘tidak bakal pernah inginkan berutang. Kamu barangkali sudah tidak jarang mendengar kisah ajaib orang lain mengenai pengalamannya saat memakai jasa pinjol. Pastinya, ada kisah baik dan kisah yang membuatmu histeris. Namun, andai keadaan mendesak dan anda mempertimbangkan guna mendapatkan suntikan dana, perhatikan sejumlah hal ini sebelum menyimpulkan apapun.

Legalitas

Pertama dan terutama, pastikan perusahaan pinjaman online tersebut tercatat di AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) dan OJK. Untuk memeriksa apakah perusahaan pinjaman online yang sudah terdaftar di AFPI dan OJK, Irshad menganjurkan untuk mendatangi ojk.go.id atau https://afpi.or.id/members.

Bunga

Berapakah bunga pinjol? Bunga yang diputuskan oleh AFPI dan OJK maksimal 0,8% per hari.

Syarat Dokumen

Berdasarkan keterangan dari AFPI, pada lazimnya syarat dokumen yang diminta ialah KTP, kartu family (KK), kitab tabungan, slip gaji, dan NPWP. Jika terdapat dokumen urgen lain yang diminta laksana surat tanah, dan lain-lain—sangat dianjurkan untuk dihindari. Halaman Website, Nomor Layanan Pelanggan, dan Alamat Kantor yang Jelas. Saat anda mengecek website jasa pinjaman online tersebut, yang perlu diacuhkan di lamannya ialah ketransparanan informasi, sehingga debitur atau calon debitur (peminjam dana) mudah mengetahui tentang kriteria meminjam dana, bunga pinjaman, tenor pinjaman, dll. Di samping itu, pastikan terdapat nomor layanan pelanggan serta alamat kantor perusahaan yang jelas.

Akses yang Diizinkan

Pernah mendengar kisah seseorang memakai jasa pinjol dan seluruh kontak yang ada di dalam handphone-nya dihubungi ketika si peminjam gagal menunaikan tagihan? Akses yang diperbolehkan dari gadget debitur ialah hanya kamera, mikrofon, dan lokasi. Di luar tersebut terindikasi perusahaan pinjaman online ilegal. Jadi, bila ada permasalahan perusahaan pinjaman online yang dapat ‘meneror’ orang-orang dekat debitur atau orang yang terdapat di susunan kontak debitur, sudah dapat dipastikan perusahaan.

Batas Penagihan

Batas penagihan maksimum 90 hari, lebih dari tersebut maka bakal masuk susunan hitam (blacklist) di Pusat Data Fintech Lending (PUSDAFIL).

 

Leave a Comment