Kapal Tanker yang Penuh Waspada

Online Logistics Marketplace Kalian pernah dengar nggak sih kapal tanker tersebut kayak gimana? Atau kalian belum pernah dengar sama sekali? Atau bahkan belum pernah tahu bentuknya laksana apa? Yuk anda ikuti keterangan di bawah ini! Kapal tanker adalahsebuah kapal yang memang di desain secara khusus guna membawa atau membawa minyak, cairan kimia, maupun cairan lainnya. Jenis kapal ini mempunyai ciri khusus yakni memiliki tidak sedikit pipa yang sedang di atas unsur dek kapal. Terdapat pun kapal yang mempunyai desain format setengah lingkaran di unsur dek kapal yang seringkali di sebut dengan LNG.

 

Kapal tanker di bekali dengan sistem keselamatan yang tinggi dan sudah ditetapkannya. Karena menilik bahwa kapal ini membawa jenis muatan yang paling berbahaya untuk manusia dan lingkungan, jadi mesti berhati – hati. Jika terjadi sedikit kekeliruan dalam kapal ini, maka akan berdampak sangat fatal untuk pekerja maupun lingkungan sekitar. Seringkali terjadi kejadian – kejadian riskan yang dirasakan oleh pekerja kapal pada ketika bekerja di sini, laksana terjadi kebakaran, kebocoran, dan beda sebagainya.

Jenis – jenis kapal tanker

 

Berdasarkan Muatan yang Di angkut

Oil Tanker Merupakan jenis kapal yang dibikin khusus guna membawa minyak curah.
Product Tanker Yaitu kapal yang di khususkan guna membawa hasil produk minyak dari pengolahan minyak mentah yang berasal dari kilang pengolahan. Kapal ini mempunyai perbedaan menurut jenis minyak (clean & dirty) dan tangkinya. Clean Product adalahproduk minyak yang mempunyai sifat yang ringan. Contohnya ialah minyak tanah, solar, avtur, dan pun bensin. Sedangkan, Dirty Product adalahproduk minyak yang mempunyai sifat yang lebih berat. Contohnya laksana minyak bakar dan pun residu. Clean Product dapat membawa Dirty Product, sementara Dirty Product tidak dapat membawa Clean Product.

 

Crude Tanker Yaitu kapal yang di khususkan guna membawa minyak mentah, yang biasanya mempunyai sifat homogen. Bagi minyak mentah tersebut sendiri tidak mempunyai perbedaan spesifik yang lumayan berpengaruh, sebab pada kesudahannya akan diubah ke etape selanjutnya. Ukuran dari kapal ini mulai dari 50.000MT dwt hingga dengan selama 500.000 MT dwt. Chemical Tanker Merupakan kapal yang di rancang eksklusif dan di pakai untuk membawa bahan kimia cair curah. Kapal ini juga dapat di pakai guna membawa jenis bahan yang sensitif laksana lemak, minyak nabati, metanol, dan beda sebagainya dengan menyimak standar kesucian yang tinggi. Muatan dari kapal ini tergolong muatan yang paling berbahaya, sebab sebagian besarnya beracun maupun gampang terbakar. Berdasarkan keterangan dari IBC Code, jenis kapal ini di untuk menjadi tiga jenis berdasar pada kapabilitasnya dalam membawa bahan kimia, yakni ST1, ST2, dan ST3.

 

Berdasarkan Ukurannya

Handy-size Tankers adalahkapal yang memiliki mutu 5.000 – 35.000 ton dan seringkali di pakai guna membawa product oil. General Purpose Tankers memiliki mutu 10.000 MT – 25.000 MT dwt dan lazimnya di pakai guna membawa refind product. Medium-size Tankers memiliki mutu mati 35.000 – 160.000 ton dan seringkali di pakai guna membawa minyak mentah maupun minyak jadi. VLCCs (Very-large Crude Carriers) memiliki mutu mati 160.000 – 300.000 ton dan seringkali di pakai guna membawa crude oil. ULCCs (Ultra-large Crude Carriers) memiliki mutu mati >300.000 ton dan seringkali di pakai guna membawa crude oil.

 

Leave a Comment