Jenis-jenis Pondasi Tapak

Pondasi tapak ialah pondasi yang tercipta dari beton bertulang yang disusun menyerupai papan atau telapak. Pondasi ini seringkali digunakan di bangunan bertingkat atau bangunan di atas tanah lembek sebagai andalan struktur kolom. Pondasi ini tercipta dari beton bertulang yang disusun seperti suatu telapak yang letaknya sedang di bawah kolom atau tiang. Biasanya dimensi pondasi sengaja diciptakan lebih besar daripada ukuran kolom di atasnya supaya dapat meneruskan beban ke lapisan tanah dengan baik. Berikut Jenis-jenis pondasi tapak:

1. Fondasi Setempat

Pondasi setempat atau pondasi telapak kolom mempunyai telapak yang berbentuk persegi guna mengefektifkan ruang dan menjamin ekuilibrium bangunan. Namun, telapak pun dapat diolah menjadi berbentuk persegi panjang bila diciptakan di lahan terbatas.

2. Pondasi Tapak Dinding

Sesuai dengan namanya, pondasi ini diciptakan untuk menyangga beban dinding. Keberadaan pondasi ini dapat mengawal beban dinding yang bertumpu di pondasi dan pun bagian-bagian dinding lainnya.

3. Fondasi Tapak Gabungan

Jenis pondasi ini adalahdua pondasi yang digabungkan menggunakan balok pengikat untuk mendukung dua kolom sekaligus atau lebih. Pondasi ini pun sering dinamakan sebagai pondasi tapak kantilever. Biasanya pondasi ini bakal berbentuk persegi panjang atau trapesium.

4. Pondasi Tapak Pelat

Jenis pondasi ini lazimnya dilengkapi dengan telapak yang berukuran lumayan besar dan luas. Kegunaan dari pondasi ini ialah dapat menyangga beban semua kolom dan dinding bangunan. Biasanya pondasi ini dipakai pada bangunan yang beralaskan tanah labil.

Seiring berjalannya waktu rumah yang sudah kita bangun puluhan tahun lalu semakin lama akan mengealami kerusakan pada dinding, atap, maupun interior yang anda aplikasikan ke rumah anda,  apabila tidak di rawat dengan baik oleh si pemilik rumah tersebut. Mencari Jasa Renovasi Rumah adalah langkah yang tepat untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan tersebut.

Leave a Comment