Gunakan Alat Pelindung Diri Sebelum Bekerja

 

Distributor perlengkapan safety jakartaKecelakaan kerja adalahkejadian yang tidak diharapkan dan bahkan tidak diperkirakan yang bisa terjadi dalam proses kerja di proyek konstruksi, industri ataupun yang sehubungan dengannya yang dapat memunculkan kerugian laksana harta benda, properti, waktu, maupun korban jiwa (Tarwaka, 2012).

Usaha dalam menambah keselamatan dan kesehatan kerja, salah satunya ialah dengan menyerahkan peralatan perlindungan diri guna pegawai yang bekerja pada lingkungan yang memakai peralatan yang riskan (Mangkunegara, 2013).

Faktor penyebab kemalangan kerja salah satunya ialah sumber bahaya yang berupa suasana bahaya atau situasi bahaya, contohnya perbuatan bahaya yakni metode kerja yang salah, kegiatan yang membahayakan, dunia kerja yang tidak aman, sikap kerja yang teledor serta tidak menggunakan alat pelindung diri (Alhamda & Sriani, 2015).

Adapun APD yang wajib digunakan saat sebelum bekerja, yaitu:

1. Safety Helmet
Safety Helmet ini bermanfaat untuk mengayomi kepala dari kejatuhan benda-benda berat dari atas dan samping. Di samping untuk mengayomi kepala dari kejatuhan benda, safety helmet ini pun melindungi kulit kepala dari teriknya sinar matahari di luar atau lokasi kerja dan sebagai penanda bahwa pemakai dari safety helmet ini ialah pekerja ditempat.

2. Safety Vest

Safety vest ini memiliki faedah untuk menangkal terjadinya kontak kemalangan pada ketika bekerja, meminimalisir resiko dalam kemalangan bekerja dan bisa terlihat pada ketika bekerja di malam hari. Di samping itu, safety vest ini dapat mengayomi pemakainya dari air. Sebagian besar safety vest yang terdapat mempunyai daya tahan terhadap air, tersebut dikarenakan bahan material rompi yang tercipta dari bahan anti air. Sehingga dapat mengayomi pemakainya dari air hujan atau angin.

3. Safety Shoes

Safety shoes memiliki faedah sebagai pelindung telapak kaki dari bahaya benda-benda tajam yang tak terliihat oleh mata sebab posisi benda tajam itu berada dibawah. Seperti halnya paku, besi tajam, potongan seng atau alumunium dan lainnya. Ketebalan dari tapak safety shoes ini sangatlah bagus, bertolak belakang dengan tapak sepatu yang lain. Memang safety shoes ini diutamakan untuk semua engineer ketika bekerja di lokasi proyek.

4. Safety Glasses

Safety glasses memiliki faedah untuk mengayomi mata dari debu, cipratan api, sinar cahaya yang lumayan tinggi dan lainnya. Kacamata ini di desain eksklusif untuk semua engineer, sebab dapat diacuhkan bahwa model dari kacamata ini menutupi lokasi mata supaya tidak terdapat benda-benda yang kecil masuk dan melukai mata.

5. Full Body Harness
Full body Harness memiliki faedah sebagai pelindung pekerja dari ketinggian. Alat ini dipakai oleh semua pekerja pada ketika ditempat ketinggian. Hal ini untuk menangkal para pekerja jatuh dan dapat mengakibatkan cacat permanen atau kematian.

6. Mask

Masker bermanfaat untuk mengayomi pekerja dari debu atau wewangian bau yang menyengat dan tidak sedap. Seperti bahan-bahan kimia yang riskan untuk dicium oleh manusia, jadi diperlukan nya masker yang cocok dengan situasi lapangan pekerjaan.

7. Gloves
Gloves bermanfaat sebagai pelindung telapak tangan dari kegiatan yang dapat menciptakan telapak tangan terluka sebab benda tajam atau terbakar sebab adanya cipratan api di areal pekerjaan.

8. Ear Plug
Ear Plug sangat bermanfaat untuk mengayomi telinga dan gendang telinga dari suara yang bising atau tingkat kebisingan yang tinggi.

Memang andai dipikir kembali, perangkat pelindung diri tersebut tidak dapat mengayomi pekerja sepenuhnya dari bahaya yang barangkali saja terjadi. Namun, dengan menggunakan alat pelindung diri yang menyeluruh dan cocok standar maka cara keselamatan kerja sudah dilaksanakan dan cocok dengan standar yang berlaku.

 

 

Leave a Comment