Fitur Wajib dalam ERP


Sebagian besar urusan ini dimungkinkan oleh sistem ERP integrasi tingkat tinggi yang disediakan. Karena semua software Anda bisa mengirim dan menerima informasi, pelajaran pelacakan ialah proses yang sederhana. Tingkat visibilitas ini memungkinkan pemakai untuk mengetahui dan memperkirakan masalah laksana penundaan dan pemadaman stok.
Di samping melacak objek berwujud, ERP memungkinkan pemakai guna melacak informasi. Ini tergolong penjualan, statistik produksi, produktivitas staf, dan lainnya.  Sistem ERP menyediakan tidak sedikit alat guna melacak kelompok informasi yang berbeda. Penjualan tidak jarang kali dilacak dalam perangkat CRM, produktivitas staf bisa dilacak dalam modul SDM dan statistik buatan dapat ditemukan di perangkat analisis manufaktur.

Sistem ERP pun memungkinkan pemakai untuk menata peringatan guna peristiwa tertentu, menjaganya tetap terkini tentang kegiatan yang sangat penting.
Pentingnya Menggunakan Sistem ERP guna Bisnis Anda ERP ialah solusi manajemen data yang kuat. Ini merampingkan operasi bisnis dengan mengotomatiskan mayoritas proses berbasis data, mengerjakan analisis data ekstensif dan meluangkan manajemen data yang akurat, semuanya dalam kerangka kerja yang intuitif dan terintegrasi.
Menggunakan ERP memang tidak dapat dikatakan murah, namun andai bisnis Anda memerlukan solusi lengkap untuk operasional bisnis, memakai ialah solusi terbaik guna mengoptimalkan proses yang ada.

Berikut ini ialah daftar fitur ERP terpenting yang sangat umum ditemukan dalam sistem perangkat empuk ERP:

1. Integrasi
Fungsionalitas ERP ini ialah bagian utama yang menciptakan solusi ini bertolak belakang dari jenis perangkat empuk lainnya. Meskipun tidak sedikit fitur yang terbilang menarik, kemampuannya guna berintegrasi dengan sistem lain, ialah hal utama dan urgen daripada rangkaian software yang diciptakan untuk bekerja secara bersamaan.
Integrasi meyakinkan sekian banyak kemampuan yang ditawarkan oleh sistem ERP berkolaborasi secara harmonis.
ERP meluangkan platform yang terintegrasi sepenuhnya dan intuitif di mana Anda bisa menganalisis, memantau, dan mengerjakan sebagian besar tugas yang digerakkan oleh data. Melalui database tunggal, ERP mengumpulkan, menyimpan, dan meneliti data di seluruh departemen. Ini meyakinkan komunikasi yang fasih dalam organisasi Anda.
Perusahaan ketika ini bukan lagi harus bekerja secara terpisah, berkat ERP. Bekerja dari satu sumber informasi meminimalisir perbedaan antara kesebelasan Anda bareng dengan kekeliruan dan ongkos bersangkutan.
Integrasi pun memungkinkan bisnis kita bekerja dengan tidak sedikit komponen sekaligus. Misalnya, dengan manajemen hubungan pelanggan (CRM) terintegrasi, pemakai bisa mengakses riwayat pesanan dan informasi pelanggan dalam sistem yang sama.
Analisis data menyerahkan wawasan mengenai tren bisnis dan bisa menawarkan prediksi menurut praktik masa lalu. Ini menambah efisiensi pada skala organisasi, meyakinkan kelancaran operasi dan menambah produktivitas.

2. Otomasi
Ketika seseorang bertanya, “Apa yang dilaksanakan ERP?” jawabannya bisa jadi besar bakal selalu merangkum otomatisasi. Kemampuan ERP ini mengotomatiskan tugas-tugas umum yang menjemukan termasuk entri pesanan, penggajian, akuntansi, penciptaan faktur, pelaporan, dan lainnya.
Otomasi meminimalisir waktu yang seringkali dihabiskan staf Anda guna proses ini, memungkinkan mereka untuk konsentrasi pada tugas yang lebih penting. Mengoptimalkan masa-masa karyawan kita meyakinkan hari kerja yang lebih efektif.
Mengotomatiskan proses Anda pun dapat mengurangi kekeliruan manusia. Ketika karyawan Anda menguras sebagian besar waktunya guna mengulangi tugas yang sama berulang kali, mereka tentu akan menciptakan satu atau dua kesalahan.
Otomatisasi memungkinkan data dikirim dari satu unsur sistem ke unsur lain, tanpa ada bisa jadi kesalahan. Bahkan kekeliruan kecil pun bisa merugikan bisnis Anda, jadi kenapa tidak menghilangkannya andai memungkinkan?

3. Analisis Data
Karena ERP sudah mengoleksi dan memproses data dari semua faedah bisnis Anda, bukankah masuk akal guna memanfaatkan informasi tersebut melewati analisis?
Sederhananya, faedah ERP ini mengejar tren dan pola dalam proses Anda. Hal ini memungkinkan pemakai guna merefleksikan efektivitas tugas tertentu, selain menyerahkan perkiraan guna keputusan bisnis di masa mendatang.
ERP meneliti data yang sehubungan dengan seluruh operasi bisnis, tergolong data klien, statistik produksi, data penjualan, dan tidak sedikit lagi.
Misalnya, ERP dapat menolong Anda menebak permintaan, menciptakan anggaran, dan menganalisis faedah SDM Anda. Analisis data menawarkan akses gampang ke data bisnis urgen dan memberi Anda perangkat yang kita butuhkan guna melacak produktivitas dan efisiensi organisasi.

4. Pelaporan
Banyak orang memakai istilah “pelaporan” dan “analisis” secara sinonim ketika berkata tentang ERP. Meskipun urusan ini seringkali bukan masalah, tetaplah urgen untuk memisahkan keduanya.
Anda bisa memandang kapabilitas pelaporan ERP sebagai perangkat yang dibutuhkan untuk mengucapkan analisis untuk pemakai akhir. Alat-alat ini tidak jarang kali merangkum dasbor yang bisa disesuaikan, bagan Gantt, bagan pai, grafik batang, dan representasi visual lainnya.
Banyak sistem pun memungkinkan pemakai untuk memberi batas akses ke laporan, mengayomi informasi perusahaan yang berharga.
ERP meluangkan laporan mendetail yang intuitif, bisa ditindaklanjuti, dan relevan. Di samping itu, memungkinkan pencarian lengkap, meyakinkan masing-masing kesalahan, ketidakkonsistenan, dan proses yang dipertanyakan bisa dilacak, diperbaiki, dan dicegah.
Dengan demikian, keterampilan pelaporan ERP menolong Anda menargetkan kekurangan bisnis Anda, meyakinkan kinerja yang lebih powerful dari masa-masa ke waktu.

5. Manajemen Hubungan Pelanggan
Perangkat empuk manajemen hubungan pelanggan (CRM) berfungsi karena sejumlah alasan. Pertama, CRM ialah pilihan yang bagus guna perusahaan yang basis pelanggannya menjadi terlampau besar guna spreadsheet.
Spreadsheet bermanfaat dengan baik hingga Anda menguras lebih tidak sedikit waktu guna memperbaruinya daripada benar-benar menggunakannya untuk menggali informasi.
Kedua, CRM dalam ERP memfokuskan informasi pelanggan, memungkinkan akses cepat ketika bekerja dengan bagian beda dari sistem. Misalnya, CRM terintegrasi memungkinkan pemakai guna mengakses informasi penagihan dan alamat pelanggan ketika memproses pengiriman.
Di samping manajemen kontak, perangkat CRM pun menangani otomasi pemasaran, kegiatan jalur penjualan, dan manajemen prospek. Dengan ERP, Anda bisa merancang dan merealisasikan solusi layanan pelanggan yang komprehensif.
Anda bisa dengan mudah menciptakan kampanye, melacak pelanggan di sepanjang siklus hidup penjualan, dan mengukur kepuasan pelanggan. Kapabilitas manajemen layanan pelanggan ERP mempermudah untuk menambah retensi pelanggan jangka panjang.

6. Akuntansi
Manajemen keuangan ialah salah satu faedah terpenting dalam bisnis apa pun. Dengan demikian, ERP yang baik ialah yang mempunyai alat akuntansi yang kuat.
Sistem ERP menolong mengelola proses laksana hutang, piutang, manajemen aset tetap, manajemen risiko dan manajemen pajak. Ada tidak sedikit sistem yang terdapat yang pun dapat mengelola sekian banyak mata duit dan ketentuan pajak andai Anda secara teratur mengerjakan bisnis di luar negara Anda.
Sistem ERP yang baik pun memungkinkan kita mengotomatiskan tidak sedikit fungsi akuntansi tergolong pemrosesan pembayaran, analisis penjualan, manajemen biaya, dan lainnya. Ini menambah keakuratan dan masa-masa pemrosesan, meminimalisir beban pada staf kita dan jam kerja mereka.

7. Pelacakan dan Visibilitas
Salah satu aspek terbesar dari penyelesaian ERP ialah kemampuannya untuk menyerahkan visibilitas yang komprehensif. Contoh sangat jelas dari ini ialah visibilitas rantai pasokan. Banyak sistem ERP ketika ini mempunyai teknologi guna melacak produk jadi serta bahan mentah dari pembuatan sampai pengiriman.

 

 

Jika kita merasa belum siap untuk memakai sistem ERP, Anda dapat menggunakan aplikasi akuntansi dan pengelolaan operasional bisnis yang simpel seperti Accurate Online.
Accurate Online ialah software akuntani berbasis cloud yang mempunyai fitur terlengkap laksana fitur pembukuan dasar, kostumisasi faktur, multi departemen, multi gudang, proses rekonsiliasi otomatis, manajemen inventori, pengelolaan pajak terlengkap, integrasi dengan aplikasi lain, otomasi lebih dari 200 jenis laporan finansial dan masih tidak sedikit lagi.

 

Leave a Comment