Apa Saja Kemampuan Yang Wajib Dimiliki Jasa Penerjemah Lisan? Yuk Simak Ulasan Berikut Ini!

  • Share

Jasa Penerjemah lisan atau dikenal dengan interpreter merupakan sebuah profesi untuk menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya. Dimana penerjemahan lisan baik dilakukan secara simultan maupun konsekutif.

Selain menerjemahkan isi dari pembicaraan, interpreter pun diharuskan untuk memahami profil para peserta audience atau rapat sebelum menjalankan tugasnya.

Kemampuan Yang Wajib Dimiliki Jasa Penerjemah Lisan

Seperti yang diketahui bahwa seorang interpreter pun haruslah orang yang memiliki wawasan luas dan melek terhadap budaya. Selain itu, harus mampu menyampaikan dengan tepat isi pidato atau presentasi dari pembicara.

Selain itu, cara kerja profesi ini pun sangat cepat. Beda halnya dengan seorang translation yang cenderung memiliki waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Untuk mendukung kinerjanya, inilah beberapa kemampuan yang perlu dimiliki oleh penerjemah lisan!

1. Memiliki Kemampuan Komunikasi Yang Baik

seorang penerjemah lisan perlu memiliki kemampuan ini. Hal ini karena pekerjaan mereka mengutamakan penyampaian informasi secara lisan dengan akurat dan tepat. Sehingga tidak menimbulkan makna ambigu bagi audience.

2. Menguasai Bahasa Asing

Tentunya orang yang memiliki profesi ini sudah harus menguasai bahasa asing yang fasih bahkan seperti native speaker. Dengan begitu, pekerjaan mereka dapat diselesaikan dengan mudah.

3. Menguasai Pemilihan Diksi Yang Tepat

Bukan hanya pandai dalam menerjemahkan kata-kata dalam bahasa yang dituju atau ditargetkan. Namun, seorang penerjemah lisan harus tahu diksi mana yang akan digunakan untuk melengkapi kalimat. Dengan begitu, informasi akan lebih mudah audience terima.

4. Memiliki Pemikiran Yang Logis

Beberapa bahasa memiliki makna yang berbeda meskipun katanya sama. Maka, seorang penerjemah harus mampu menerjemahkan kata tersebut sehingga nyambung dengan kata lain.

Maka, untuk melakukan hal tersebut seseorang perlu memiliki kemampuan untuk berpikir logis. Sehingga jika ada yang tidak beres, interpreter langsung mengenali dan memperbaikinya.

5. Memiliki Daya Tangkap Yang Cepat

Seorang interpreter haruslah seseorang yang memiliki daya tangkap yang bagus. Dengan begitu, ia biasa langsung mendefinisikan apa yang dimaksud oleh pembicara kepada penerima pesan atau audience nya.

Secara garis umum jasa penerjemah lisan merupakan orang yang melakukan terjemahaan satu bahasa ke bahasa lainnya. Selain itu, hal tersebut pun dilakukan dengan waktu cepat.

Adapun untuk menjadi seorang interpreter, kamu harus memiliki daya tangkap yang bagus, punya pemikiran logis, kemampuan bahasa yang bagus, dan lain sebagainya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *