7 Jenis Penyakit Kelamin yang Paling Umum

Penyakit kelamin dikenal pun dengan penyakit menular seksual. Terdapat sejumlah jenis penyakit kelamin yang umum diketahui. Penyakit kelamin adalahpenyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, atau parasit yang lazimnya ditularkan melewati hubungan seksual melewati vagina, anal, dan oral. Beberapa penyakit kelamin bisa disembuhkan, tapi beberapa lain dapat mengakibatkan komplikasi parah. Berikut tujuh jenis penyakit kelamin, sebagaimana dikutip Healthline.

1. Klamidia

Klamidia adalahjenis penyakit kelamin yang paling tidak sedikit terjadi. Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi Chlamydia trachomatis. Penyakit ini pada tadinya tidak mengembangkan gejala. Gejala baru hadir setelah sejumlah waktu mencakup rasa sakit atau ketidaknyamanan saat bersangkutan seks atau buang air kecil, keluarnya cairan berwarna hijau atau kuning dari penis atau vagina, dan nyeri di perut unsur bawah.Jika tidak diobati, klamidia dapat mengakibatkan infeksi pada uretra, kelenjar prostat atau testis, penyakit radang panggul, dan infertilitas.

2. HPV

Human papillomavirus (HPV) ialah virus yang ditularkan dari kontak kulit ke kulit atau hubungan seksual. Ada tidak sedikit jenis virus yang berbeda. Beberapa lebih riskan dari yang lain. Gejala HPV yang sangat umum ialah kutil di perangkat kelamin, mulut, atau tenggorokan. Sebagian HPV mengakibatkan kanker mulut, kanker serviks, kanker vulva, kanker penis, dan kanker rektal.

3. Sifilis

Sifilis adalahjenis penyakit kelamin yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Gejala kesatu yang hadir pada sifilis ialah berupa luka bulat kecil di perangkat kelamin, anus, ataupun mulut. Gejala sifilis bisa berkembang menjadi ruam, kelelahan, demam, sakit kepala, nyeri sendi, penurunan berat badan, dan rambut rontok. Jika tidak ditanggulangi maka dapat mengakibatkan kehilangan penglihatan, pendengaran, memori, infeksi otak, penyakit jantung, sampai kematian.

4. HIV

HIV ialah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Di samping kontak seksual, HIV pun dapat menular melewati darah dan jarum suntik. Pada tahap mula gejala HIV menyerupai fenomena flu laksana demam, panas dingin, sakit dan nyeri, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, sakit kepala, mual, dan ruam.

5. Gonore

Gonore pun adalahpenyakit kelamin yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Gonore tadinya sering kali hadir tanpa gejala. Setelah sejumlah waktu, fenomena yang hadir berupa keluarnya cairan berwarna putih, kuning, krem, atau hijau dari penis atau vagina. Lalu, munculnya rasa sakit atau tidak nyaman saat bersangkutan seks atau buang air kecil, lebih tidak jarang buang air kecil dari biasanya, serta gatal di dekat alat kelamin

6. Herpes

Herpes adalahnama singkat guna virus herpes simpleks (HSV). Gejala herpes yang sangat umum ialah luka lepuh yang berkembang di dekat alat kelamin atau mulut. Luka lazimnya mengeras dan sembuh dalam sejumlah minggu.

7. Kutu kemaluan

Kutu kemaluan seringkali hidup di rambut kemaluan. Kutu ini memakan darah insan untuk dapat hidup. Keberadaan kutu kemaluan dapat mengakibatkan gatal di lokasi tersebut. Kutu kemaluan dapat dibasmi dengan obat-obatan. Beberapa jenis penyakit kelamin ini dapat ditangkal dengan mengerjakan hubungan seksual yang aman dan tidak berganti-ganti pasangan. Untuk terhindar dari resiko terbesar yang tidak ingin kan anda bisa lansung konsultasi terlebih dahulu bersama dokter di klinik Apollo agar anda bisa lansung mendapatkan penanganan dengan cepat.

 

Leave a Comment