6 Tujuan Wisata di Parigi Moutong

  • Share

 berita nasional ~ jika mendengar nama ini, barangkali sebagian besar masyarakat Indonesia langsung beranggapan ke Pontianak, Kalimantan Barat. Padahal terdapat kota beda yang pun mempunyai tugu khatulistiwa. Sulawesi Tengah, yang juga dilalui garis khatulistiwa. Tapi Parigi Moutong tak melulu mempunyai tugu khatulistiwa, ia pun menyimpan sederet potensi pariwisata yang luar biasa. Berikut ialah enam pesona wisata yang patut dikunjungi andai Anda memiliki peluang bertandang ke Kabupaten yang mempunyai garis pantai sepanjang 472 kilometer ini.

1. Panjat tebing

Panjat Tebing Likunggavali di Desa Marantale mempunya elevasi tebing menjangkau 100 meter. Struktur tebing ini paling menantang sebab tersusun dari gugusan-gugusan batu granit yang kokoh berdiri di ambang Sungai Marantale, Desa Parigi. Di samping pemandangan yang indah, di tempat ini pun ada air terjun dan jalur trekking yang melewati sejumlah desa sekitar.

2. Satwa Liar

Anda dapat mendatangi Pulau Kelalawar. Sesuai namanya, pulau ini dihuni oleh ribuan kelelawar. Di pulau ini terdapat sekian banyak jenis kelelawar, yaitu kelelawar berwarna kuning, cokelat dan hitam. Pulau ini ada di Desa Tomoli dan duapit oleh dua tanjung hutan bakau yang berbentuk pintu gerbang.

3. Sejarah dan budaya

Wisata kebiasaan yang mesti dikunjungi salah satunya ialah Istana Tinombo. Istana ini di bina oleh Pemerintah Belanda pada masa Pemerintahan Raja Tombolotutu pada tahun 1930. Di istana yang berarsitektur Cina ini pun terdapat lokasi tinggal adat Tinombo di Desa Dusunan. Setiap tahun, wisatawan dapat menonton syukuran panen Suku Laoje.

4. Panorama

Salah satu lokasi untuk menyaksikan panorama terindah di Kabupaten Parigi Moutong ialah dari Puncak Pompausea Gunung Labuan Sory di Desa Toboli. Dari puncak bukit ini, kita dapat merasakan pemandangan laut yang indah. Di lokasi ini pula, ada kera terkecil di dunia, yakni Tarsius Spektrum.

5. Tugu Khatulistiwa

Di samping Pontianak, Kalimantan, Kabupaten Parigi Moutong ialah daerah yang juga dilalui oleh garis khatulistiwa. Di Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan, ada tugu khatulistiwa yang pun dijadikan sebagai objek wisata. Di sini, Anda bisa merasakan gejala alam yang unik, di mana ketika equinox yang jatuh setuap tanggal 21 Maret dan 23 September, jarum yang ditaruh di botol di titik nol bakal melayang. Kapan saja kita berkunjung, Anda bisa mencoba menempatkan telur ayam di titik nol dan melihatnya berdiri tegak tanpa tergulir.

6. Pantai

Destinasi pantai dan laut di Kabupaten Parigi Moutong memang telah tak diragukan lagi. Pemandangan ini tak terdapat duanya, menilik Kabupaten ini ialah pusat dari Teluk Tomini, teluk terbesar kedua di Indonesia. kita dapat berangjangsana ke Pantai Nalera yang estetis karena letaknya yang berhadapan dengan gunung dan pasir putih membentang luas. Apabila air laut sedang surut, Anda bakal serasa berada di empang pribadi yang dihiasi oleh karang warna-warni. Ingin mendatangi surga khatulistiwa ini? Kabupaten Parigi Moutong terletak melulu 65 kilometer atau 2 jam berkendara dari Palu, Ibukota Sulawesi Tengah. kita dapat mengerjakan perjalanan dari Bandara Mutiara Sis Al Jufrie di Palu, dengan melalui jalur berbukit dan mencari garis pantai yang indah.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *