6 Fungsi Printer Beserta Jenisnya, Patut Diketahui Para Pekerja Kantoran

 

 

Service Printer Jogja – Fungsi printer secara umum dikenal guna mencetak dokumen dari komputer. Seiring pertumbuhan teknolongi, faedah printer menjadi semakin komplet dan signifikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tak bisa dipungkiri anda tak dapat lepas dari pekerjaan membutuhkan brosur, mencetak dokumen kantor, dokumen sekolah, dan masih tidak sedikit lagi. Kebutuhan bakal printer, hingga dikembangkan dengan koneksi ke smartphone dan kamera digital.

Perkembangan printer makin terasa dengan eksistensi fax, scan, hingga potret copy. Berbagai faedah printer teranyar yang semakin memudahkan, khususnya di dunia kegiatan dan pendidikan.

Berikut sejumlah fungsi printer beserta jenisnya yang patut diketahui oleh semua pekerja.

Perkembangan dan Pengertian Printer
Melansir dari Liputan6, printer berasal dari kata print yang berarti cetak. Melihat definisi printer, pastinya mengerti faedah utamanya ialah mencetak.

Di dunia komputer, printer termasuk perlengkapan keras dengan merepresentasikan dalam format tulisan dan grafis melewati kertas atau media semacamnya. Perkembangan printer dibuka pada 1968, kesatu kali rilis oleh perusahaan Epson. Hasil teknolongi asal Jepang tersebut diberi nama EP-101.

Awalnya printer komersial itu masih memakai mesin ketik elektrik. Permintaan bakal kecepatan lebih tinggi, kesudahannya printer Epson merasakan perubahan secara spesifik melulu untuk komputer.

Akhirnya tahun 1984 lahirlah printer laser, dimulai dengan kemunculan HP Laserjet. Kualitas terbaik pada masanya. Hingga selama 2010, cetakan 3D mulai digandrungi. Meski masih dalam etape pengembangan lagi.

Semakin tinggi permintaan dan kebutuhan. Tak ayal eksistensi printer menjadi perangkat urgen dan wajib dipunyai perorangan.

Mengutip dari Reference, faedah printer ialah mengganti data digital menjadi media cetak. Ini dapat berupa teks, atau dapat juga keluaran grafik. Salah satu printer paling mula yang muncul dengan komputer pribadi ialah printer dot matrix. Berikut sejumlah fungsi printer dikutip dari Liputan6:

1. Mencetak Dokumen
Fungsi printer sangat utama merupakan mencetak. Paling tidak sedikit digunakan dan ditemukan dalam pekerjaan sehari-hari. Hal yang sangat sering dijumpai guna mencetak dokumen berupa surat, artikel, dan sekian banyak macam jenis dokumen lain.

Melalui komputer memakai microsof office, laksana Mocrosoft Word maupun microsof excel. Setelah diubah baru disampungkan guna cetak di printer.

2. Mencetak Foto

Fungsi printer selanjutnya dapat mencetak foto. Seiring perkembangan, kini sejumlah dengan nama desktop printer dapat mencetak potret dengan paling mumpuni. Hasilnya tak kalah saing dengan jasa pencetakan. Anda lumayan membeli tinta dan kertas yang tepat.

Printer yang dapat digunakan guna mencetak foto, seringkali adalahjenis printer berwarna dengan resolusi tinggi. Sehingga mempermudah bila hendak menyimpan potret tidak melulu di komputer saja, dapat untuk dipajang. Meski terkadang masih terbatas pada ukuran dari potret itu sendiri.

3. Mencetak Stiker dan Sablon
Di samping dokumen dan foto, faedah printer ternyata mempunyai kegunaan dalam mencetak di media akrilik guna baner. Selain tersebut printer komputer tidak jarang dimanfaatkan guna mencetak di media lain, laksana kaca, kain dan sebagainya.

Perkembangan printer yang begitu mengagumkan. Cukup dengan printer saja sudah dapat mendapat kaos dengan sablon dan motif yang menarik.

4. Mencetak Banner dan Spanduk

Fungsi printer berikutnya dari jenis mesin print yang lebih banyak dan kerap dipakai oleh perusahaan jasa percetakan. Printer ukuran besar memerlukan media kertas yang lebih banyak juga. Model ini lebih dikenal dengan nama plotter.

Mesin plotter memiliki keterampilan mencetak dengan resolusi paling tinggi. Sehingga hasil gambar tidak pecah. Berbagai macam format objek dari komputer dapat lebih gampang untuk dicetak. Banyak dipakai di jasa percetakan poster, spanduk, maupun banner.

5. Sebagai Scanner
Fungsi printer meningkat seiring permintaan keperluan di lapangan. Di samping mencetak dokumen, sudah tidak sedikit printer yang dipasarkan di pasaran dengan faedah scanner. Tentu saja memberi fasilitas di distrik kantor.

Printer dengan pemindaian dokumen lumayan tinggi. Sehingga printer sangat menolong membuat dokumen dalam format fisik menjadi dokumen digital atau soft file, hingga diolah dalam format JPG dan PDF.

6. Alat Foto Copy

Fungsi printer berikutnya terdapat yang sudah dikembangkan sebagai alat potret copy. Biasanya faedah ini bersebelahan dengan perangkat scan.

Memiliki pemindaian yang dapat langsung dicetak, dapat memilih dengan hasil berwarna sama dengan dokumen pribumi atau dalam format hitam-putih. Kualitas, ukuran kertas dan jumlah potret copy dapat disesuaikan sebelum dicetak.

Leave a Comment